Posted by: Tommy Jenie | November 12, 2012

LEGO Land Malaysia

Hari senin pagi buta jam 3 bangun untuk siap siap ke airport, tujuan Legoland!! Pesawat berangkat tepat jam 5.40 WIB, mendarat mulus jam 9 waktu Singapura. Imigrasi, ambil koper langsung ke hotel untuk check in.

Setelah check in saya sudah janjian sama teman saya di Singapura untuk bareng karena dia memang paling tau jalan di Singapura dan bagaimana nyebrang ke Malaysia. Untuk informasi, Legoland itu terletak di Malaysia tepatnya di Johor Baru deket banget sama Singapura. Oleh karena itu saya utusksn untuk menginap di Singapura.

Dari hotel naik mrt ke Bugis, rencananya mau naik bus dari Bugis ke Johor Baru. Tapi setelah beripikir kayaknya lebih baik naik taksi hanya seharga 70SGD dan kita bisa bagi bertiga.
Perjalanan makan waktu sekitar 1 jam dan sampai di imigrasi Singapura untuk pemeriksaan. Kita tidak perlu turun dari taksi, semua diurus dari dalam mobil. Tidak jauh dari imigrasi Singapura masuk ke imigrasi Malaysia, dan kitapun tidak perlunturun dari mobil. Kalau kami naik bus akan beda ceritanya karena perlu turun dan proses imigrasi sendiri. Proses imigrasi sangat cepat dan tidak bertele tele.

Setelah selesai imigrasi Malaysia, taksi langsung menuju Legoland, terletak diluar Johor Baru. Jadi perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam lagi.
Dari kejauhan sudah tampak logo Legoland diatas bukit, seneng banget rasanya ngebayangin liat bricks hasil buatan Lego yang pasti akan ada di situ.
Tukang taksi turunin kita di mall yang nyambung langsung dengan pintu Legoland. Nggak sampaii 3 menit jalan langsung tampak gerbang Legoland dan panjang sekali antrian orang beli tiket. Untungnya kita sudah membeli tiket online sehingga tidak perlu antri lagi.

Gerbang Lego Land

Setelah masuk langsung disambut dengan toko lego yang bikin mata gak konsen ada tulisan “pick your brick” , langsung menuju ke toko itu ngebayangin bakal lama milih brick untuk MOC baru saya yang mau dibuat.

Begitu masuk toko melihat deretan brick, sekilas dari jauh kok hanyan sedikit pilihannya, begitu disamperin benar sekali mengecewakan. Pilihan brick sangat sedikit, dan yang ada benar benar yang tidak standard dan percuma juga dibeli karena sangat sedikit pilihannya. Saya langsung kecewa dengan pandangan pertama.

Untuk menghibur hati saya coba keliling di toko tersebut dengan harapan ada sesuatu yang bisa dibeli selain brick. Ternyata ada satu area dimana kita bisa bikin kombinasi minifig sesuai selera dimana mereka menyediakan cukup banyak kombinasi kepala, badan, kaki, rambut dan aksesoris kepalanya. Tanpa pikir panjang saya langsung mengkombinasikan minifig dengan pilihan yang ada, ketika mau bayar minifig di kasir ternyata ada 3 buah minifig dengan kombinasi yang bagus dan saya langsung aja pilih minifig tersebut untu dibeli.

Karena perut sudah lapar sekali makantanpa pikir panjang langsung masuk ke restoran yang ada disebelah toko lego rersebut. Ada kreasi minifg didepan restoran tersebut, lucu banget bentuk koki lumayan untuk dipotret potret. Ada juga yang lucu miniatur orang lagi duduk tertidur di bangku dengan suara dengkurannya.

Abis makan kenyang kita langsung menuju miniatur Lego yang langsung kelihatan dari pintu masuk. Yang paling mencolok adalah bangunan Petronas Twin Tower. Dari jauh langsung bisa nebak itu bangunan tertinggi dan detailnya sudah kelihatan jelas sekali. Miniatur dimulai dari semua bangunan heritage Malaysia, sangat detail dan bagus sekali hasilnya. Banyak trik-trik yang saya liat sangat jenius walau ada beberapa hal yang menurut saya semestinya bisa dibuat dari brick seperti rumput, platform monorail dll. Tapi terlepas dari itu semua, secara overall sangat mengagumkan miniatur Lego ini.

Besar dan mengagumkan detailnya

Lihat kubahnya, bentuknya sempurna dengan aslinya

Setelah puas dengan miniatur semua bangunan di Malaysia, dari jauh terlihat ada bangunan bangunan Asia, yang pertama saya hampiri adalah bangunan BALI!! Sungguh indah dan detail dibuat oleh Lego Builder, mulai dari atapnya, Pura nya, orang-orangnya, sampe ada kapal layarnya.

Atapnya bagus banget bikinnya, ini mustinya bisa jadi inspirasi untuk pertandingan MOC Indonesia yang dibatalkan itu…

Tampak depan bangunan Pura

Gak ketinggalan juga ada penari Balinya

Puas bangget liat bangunan Bali yang besar dengan detail yang lengkap. Berikutnya yang menarik perhatian saya adalah bangunan Angkor Wat yang sangat besar, lebih besar ukurannya dari miniatur Bali.

Ukurannya fantastis, dan triknya sekali lagi sangat fantastis.

Mereka juga gak lupa untuk naro gajahnya, lucu banget

Berikutnya adalah Forbidden Palace. Warnanya sangat berani sesuai dengan bangunan aslinya. Saya sendiri pernah berkunjung ke Forbidden Palace dan miniatur legonya sungguh mirip sekali dengan aslinya. Apalagi warna warna atapnya perpaduan kuning biru dan merah, sungguh mirip aslinya.

Liat detail warna atapnya, ukuran pintunya, bagus banget

Puas rasanya ngeliat bangunan-bangunan Asia yang terkenal dan dibuat sangat mirip dengan aslinya. Ada satu miniatur kapal yang buat saya kaget, kapal besar sekali dan saya belum pernah melihat aslinya.

Puas ngeliat banyak sekali miniatur bangunan dengan detail yang menakjubkan. Saatnya tiba untuk mencoba rides yang ada. Dimulai dari roller coaster, dilihat dari jauh kurang menarik karena tidak seperti yang ada di Universal Studio Singapore. Saya memutuskan untuk skip roller coaster, lanjut ke atraksi berikut, juga tidak menarik hanya main mobil-mobilan. Atraksi berikutnya lagi, adu lomba memadamkan api, dan sekali lagi tidak menarik untuk saya. Akhirnya saya memutuskan untuk skip semua atraksi karena menurut saya semuanya diciptakan benar untuk anak-anak sehingga tidak terlalu ekstrim.

Akhirnya yang saya lakukan hanya memotret lego miniatur yang saya lewati.

Lego Builder menggunakan Duplo untuk ukuran sebesar ini

Penghiburan terakhir adalah masuk ke toko LEGO yang terakhir dimana sengaja saya sisakan untuk menghibur setelah brick yang bisa dibeli ternyata terbatas. Banyak sekali barang yang bisa dibeli terutama kalau kamu mencari set LEGO yang lengkap kamu bisa dengan puas menbeli disini atau melihat-lihat ok. Banyak juga jenis LEGO Storage yang dijual disini, saya sendiri membeli 5 jenis warna berbeda untuk menyimpan bricks saya. Yang agak aneh sebenarnya adalah tersedianya baju-baju sejenis barbie atau kostum dan boneka-boneka yang menurut saya agak gak ada hubungannya dengan LEGO.

Puas membeli LEGO storage yang ada, saya dan teman-teman bersiap siap untuk pulang. Kami belum mengetahui bagaimana caranya pulang ke Singapura, oleh karena itu kami bertanya di meja Informasi mall setelah keluar dari LEGO Land. Petugas disana mengatakan bahwa kami harus menaiki tanggal jaaln yang ditengah Mall dan ada halte dipinggir jalan dimana ada bus khusus yang bisa membawa kali ke imigrasi Malaysia untuk menyebrang ke Singapura. Kurang lebih 5 menit kami berjalan ke halte dan keujanan karena tidak ada atap antara mall tersebut dengan halte bus. Kami menunggu cukup lama sekitar 35 menit, satu bus datang tetapi keluar 1 orang yang mengatakan bahwa kami harus menunggu kurang lebih 20 menit lagi untuk bus yang berikutnya.

20 menit kemudian setelah menunggu ditengah hujan lebat bus kosong datang dan kami naik langsung duduk dibelakang. Setelah 5 menit jalan kami berhenti di halte berikutnya, dan ternyata halte tersebut adalah halte didepan mall dimana kebanyakan orang di beritahukan untuk menunggu bus di halte tersebut. Banyak sekali orang yang menunggu dan berebut naik, beruntung sekali kami naik di halte sebelumnya dimana sangat sepi dan kami menjadi penumpang pertama bus tersebut. Bus pun langsung penuh ditambah dengan banyak orang berdiri karena tidak mendapat tempat duduk. Jadi saran saya jangan naik dari halte tersebut, kamu harus naik dari halte sebelumnya.🙂

Setelah 1 jam lebih kami tiba di imigrasi Malaysia. Turun dari bus kami memasuki gedung imigrasi, cukup jauh dan rumit jalannya. Kalau tidak ada teman saya yang pernah naik bus ke Malaysia mungkin saya bisa kesasar. Kurang lebih 15 menit berjalan naik turun tangga di dalam gedung sampai akhirnya ke meja imigrasi. Prosesnya cukup cepat dan masuk ke area bus yang akan membawa kami ke imigrasi Singapura. Kami kedapatan bus yang sudah penuh dan kami harus berdiri tidak dapat tempat duduk. Perjalanannya sangat melelahkan, sebenarnya hanya menyeberang jembatan tetapi karena jalanan macet dan banyak sekali mobil yang menyebrang ke Singapura perjalanan kami memakan waktu 1 jam dan beridir di dalam bus😦 .

Sampai di Imigrasi Singapura kami diharuskan antri lagi di Imigrasi Singapura. Pemeriksaan sangat sangat lama dimana setiap paspor Malaysia ditanya satu persatu dan antriannya sangat panjang dan melelahkan. Kami antri selama 1 jam untuk mendapat giliran kami, setelah antrian yang melelahkan kami putuskan memakai taksi langsung dari imigrasi Singapura ke hotel kami.

Kesimpulan : Jika kamu MOC builder atau LEGO fans tanpa berkeluarga, maka highlight of your visit hanya ada di miniatur Lego tersebut. Jangan berharap kamu bisa menikmati atraksi2 yang ada. Dan, jangan berharap juga kamu bisa memilih bricks dengan pilihan yang banyak untuk MOC kamu. Kalau kamu MOC builder atau LEGO Fans dan berkeluarga, maka LEGO Land menjadi tempat yang sempurna untuk kamu dan sekeluarga. Karena atraksi yang disediakan sangat buat anak2 dan kamu sendiri bisa menikmati miniatur LEGO yang ada.

Untuk cara ke LEGO Land, kalau kamu sendiri dan senang bertualang silahkan kamu mengikuti cara saya tetapi harus dengan kesabaran dan siap-siap memakan waktu cukup lama. Untuk kamu yang bawa keluarga saya sarankan memakai tour atau kamu bisa langsung dari Kuala Lumpur turun ke Johor Baru kalau tidak salah memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan.

Enjoy!!


Responses

  1. Bro..kalau naik taksi di sing nya didaerah mana namanya?apakah harganya fixed atau tawar2an? Thanks-arbow

  2. Naik taksinya dari deket bugis junction. Harganya fix kok, tapi kalo bawa anak atau bayi mending pake tour aja yah soalnya naik turun imigrasinya pas balik menyusahkan banget. Have fun! ::

  3. Pak, kalau rute balik legoland ke singapore naik taxi juga gak bisa yach? Naik taxi dari Bugis Junction apakah ada alamatnya? thanks for sharing

    • Taksi akan susah sekali kalau balik dari legoland. Adanya sih naik bus, tapi kalau jalan sama anak-anak atau keluarga saya sarankan lebih baik pakai tour saja.
      Kalau taksi dari buggis junction harus keluar dari bugis junctionnya, sorry saya gak punya alamat tepatnya tapi kamu bisa tanya sekitarnya taksi yang menuju Legoland atau ke Malaysia di daerah situ hanya satu tempat kok.
      Semoga membantu yah🙂

  4. hi, mau nanya kalau naik taxi dr sin ke lego itu harus dari bugis kah? kalau taxi langsung di bandara changi gak bisa ya?

    • Iya, harus dari Bugis karena kalau dari Changi tidak ada taksi yang bisa ke Malaysia.

  5. mau tanya dunk klo booking lewat online gt butuh bawa kartu kredit ato debitnya ga??

    • nggak kok, gak perlu bawa kartu kredit ato debitnya

  6. Klo naik taxy dr sgp ke johor kita ga perlu turun? Periksa kopernya bgmn? Proses cap paspor gmn? Kita harus isi landing card ga? Tq

    • Kamu nginepnya di Singapore kan? Cukup 1 hari kok bolak balik ke LEGO Land. Kalau naik taksi tidak perlu turun cukup tunjukkan passport nya saja.
      Tetapi kalau memang menginapnya di LEGO Land yah harus periksa koper sih🙂

  7. bisa tau nama tournya yg dr spore-legoland-spre?thankyou

    • Sorry saya gak pake tour, jalan sendiri sama temen naik taksi ke Malaysia nya kemudian kembali nya ke Singapore naik Bus. Maaf yah gak bisa kasih infonya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories